Berita PKWU (3)

Mata Pelajaran Prakarya Diganti Produk Kreatif



PEMALANG - Mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) SMK akan berganti nama menjadi Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penggantian nama ini, menurut Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PKWU Kabupaten Pemalang Priyanto, dalam rangka melaksanakan Kurikurum 2013 Edisi 2017. ”Untuk menyambut perubahan-perubahan itu kami menyelenggarakan bimbingan teknis (bintek) bagi guru-guru PKWU SMK.” Bimbingan diikuti oleh 48 guru PKWU SMK negeri dan swasta dibuka oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Pemalang Rujito.
Kebetulan Rujito selain menjabat Kepala SMK Al Falah Moga juga guru PKWU dan menjadi anggota MGMP PKWU. Priyanto menyebutkan, materi dalam bintek antara lain perubahan mata pelajaran PKWU, model pembelajaran, evaluasi dan penilaian pembelajaran, penyusunan rencana program pembelajaran, dan persiapan ujian kempetensi guru. Materi lainnya analisis standar kelulusan (SKL), kompetensi inti (KI), dan kompetensi dasar (KD).
Berkaitan dengan pergantian nama mata pelajaran, dia mengemukakan, PKWU yang semula diberikan pada kelas X, XI, dan XII juga berubah hanya diajarkan di kelas XI dan XII. Target penyelenggaran bintek ini, para guru PKWU lebih siap ketika mata pelajaran itu dilaksanakan.
Sebab, konsekuensi dari kebijakan tersebut adalah jam pelajaran PKWU yang berkurang. Untuk memudahkan penyerapan materi, panitia menyelenggarakan bintek dengan mengombinasi model wisata. Objek yang dipilih adalah Guci di Kabupaten Tegal. (K40-47)
Sumber: https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/33983/mata-pelajaran-prakarya-diganti-produk-kreatif

0 komentar:

Posting Komentar